Filsafat Berfikir

PENGANTAR PADA FILSAFAT | Juli 19, 2009

PENGANTAR PADA FILSAFAT
Oleh : Ading

A. Latar Belakang Manusia berfilsafat
Dalam catatan sejarang yang melatarbelakangi timbulnya filsafat ialah karena munculnya pertanyaan dari seorang yang bernama Thales di negri Yunani. Pertanyaan itu ialah: apa bahan dasar dari keberadaan ? Tak penting Tentang jawaban dari pertanyaan tersebut. Yang penting dalam masalah itu ialah munculnya suatu kesadaran berfikir tentang hal yang fundamental.

B. Mengenal Manusia
Setiap orang dijamin tahu tentang manusia. Tetapi tidak menjamin setiap orang bisa menjawab jika ada yang bertanya kepadanya tentang apa itu manusia. Menurut para failusuf, manusia adalah sejenis hewan yang berfikir. Apa itu hewan ? Apa pula itu berfikir ? Hewan ialah penghuni bumi yang hidup dengan makan, menggantungkan diri pada alamnya. Bila hewan tersebut beraktifitas berfikir maka, jadilah ia manusia. Kalau ada “manusia” tetapi tidak beraktfitas berfikir maka, ia adalah “hewan”.

C. Berfikir
Apa itu berfikir ? ini jawabnya: focus one’s attention on a certain state. Memfokuskan perhatian pada suatu hal tertentu. Perhatian ialah “the cognitive process of selectively concentrating on one aspect of the environment while ignoring other things” (http://en.wikipedia.org/wiki/Attention). Proses kognitif yang selektif berkonsentrasi pada satu aspek lingkungan sementara mengabaikan hal-hal yang lainnya. Jadi berfikir itu buuh keseriusan.

D. Bangsa Yunani
Dalam bahasa Inggris bangsa Yunai itu dikenal dengan nama Greek. Mereka adalah generasi masa lampau dari “hewan yang berfikir”, ditengarai sebagai orang-orang yang paling mula-mula mengenal cara berfilsasat. Dalam kajian filsafat mau tidak mau kita akan dibawa untuk mengenal bangsa Yunani kuno. Bangsa Yunani kuno ialah “The term ancient Greece refers to the period of Greek history lasting from the Greek Dark Ages ca. 1100 BC and the Dorian invasion, to 146 BC and the Roman conquest of Greece after the Battle of Corinth (http://en.wikipedia.org/wiki/Ancient_Greece). Tulisam berbahasa Inggris tersebut artinya : Istilah Yunani kuno merujuk pada periode sejarah Yunani yang berlangsung dari abad Yunani 1100 Sebelum Masehi dan Dorian invasi sampai tahun 146 SM dan penaklukan Romawi atas Yunani pada Battle of Corinth.

E. Perguruan Tinggi
Satu hal yang menarik dari filsaat yang dibawa ke zaman kita sekarang ialah: pelajaran tentang filsafat diberikan di perguruan tinggi. Konon perguruan tinggi pertama di Eropa didirikan oleh Plato, seorang filsuf Yunani kuno yang terkenal. Anak TK hingga SMA tidak diberikan pekajaran tentang filsafat. FIlsafat warisan masa lampau, sampai hari ini menempati posisi yang terhormat di hati manusia modern.

adingnashrulloh@yahoo.co.id


Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: