Filsafat Berfikir

PERBEDAAN ANTARA FILSAFAT MATREALISME DENGAN AKIDAH ISLAM | Juli 19, 2009

Oleh : Ading
Yang membedakan satu golongan manusia dengan golongan yang lainnya dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Salah satu hal yang amat mendasar yang membedakan antara golongan-golongan itu adalah filsafat. Seseorang yang telah menetapkan filsafat matrealisme sebagai dasar kehidupannya akan berbeda jauh dengan seseorang yang mengambil akidah Islam sebagai dasar dalam memandang kehidupan ini.
A. Pandangan Hidup yang didasarkan pada Akidah Islam
Akidah Islam adalah keyakinan dan kepercayaan yang kuat terhadap apa yang dibawa Rasululloh dari Allah SWT sebagai suatu kebenaran. Allah SWT adalah Tuhan, dan Rasululluh atau Nabi Muhammad SAW adalah utusan-Nya. Suatu keyakinan dan kepercayaan membutuhkan suatu aktifitas berfikir yang serius, sebab menyangkut tentang urusan kebenaran. Istimewanya akidah Islam dengan seluruh skoupenya, dikhususkan untuk orang yang berfikir maju.
Bila akidah Islam difikirkan, dirasakan, dan diamalkan secara virtual, maka orang yang berlaku semacam itu akan sampai pada kemuliaan dan kebahagiaan: jadi mutaqin.

B. Pandangan Hidup yang didasarkan pada Filsafat Matrealisme
Filsafat matrealisme memandang manusia dan alam ada tanpa ada kaitannya dengan Tuhan. Tuhan itu dalam pandangan Filsafat matrealisme adalah tidak ada. Mereka berkeyakinan bahwa sumber dari segala keberadaan termasuk jiwa dan kehidupan adalah materi. Kehidupan berasal dari materi dan akan kembali pada materi, materi itu sendiri bersifat kekal.
Jadinya filsafat matrealisme itu bertentangan dengan akidah Islam. Dan akidah Islam berlawanan dengan matrealisme. Menurut akidah Islam, musuh manusia yang utama adalah syaithan, filsafat matrealisme menjadi tunggangan syetan, itu kenyataannya. Dan menurut filsafat matrealisme agama, termasuk Islam itulah yang sebenar-benarnya menyesatkan manusia, yang harus diwaspadai dan dibenci. Jika mutaqin melihat orang-orang matrealisme merupakan pengikut syetan, pengikut matrealisme melihat mutaqin itulah yang sesat dan gila.

C. Mengapa membandingkan antara filsafat matrealisme dengan akidah Islam ?
Filsafat tidak semata-mata hasil dan berupa pemikiran. Filsafat juga ikut mewarnai jalannya sejarah kehidupan manusia. Artinya filsafat itu bisa menjadi suatu fondasi bagi bangunan peradaban, pergaulan, dan kontemplasi. Filsafat matrealisme jika ditinjau dari kacamata akidah Islam, maka filsafat itu merupakan induk dari akidah sesat yang menggiring manusia pada matinya hatinurani, kasih sayang, rasa malu dan pengorbanan, serta hal yang berkaitan dengan transendensialisme.
Sebalilknya, akidah Islam bagi seorang muslim, jika ditinjau dari system filsafat maka, akidah itu bukan semata-mata merupakan suatu keyakinan kosong yang tidak melibatkan akal fikiran. Akidah Islam memberikan kesempatan kepada akal untuk mengembangkan sesuai cara berfikir yang jujur. Toh akhirnya manusia yang jujur dalam cara berfikirnya akan sampai pada akidah Islam. Timbulnya filsafat matrealisme diprediksikan karena para failusuf tidak jujur dalam cara berfikirnya.

D. Menghargai Filsafat sesuai Proporsinya.
Manakah yang lebih berharga bagi dunia, pemimpin Islam tetapi kejam dan membunuh para ulama ataukah pemimpin matrealisme tetapi jujur dan banyak berbuat kebaikan ? Berfilsafatlah.
Para Filsuf itu sesuai porsinya harus dihargai atas hasil jerih payahnya dalam berfikir. Mereka sebenarnya yang banyak dijadikan sasaran dakwah para Nabi dan Dai. Sebab mereka kaum yang berfikir. Kaum yang punya potensi untuk berakidah Islam secara virtual. Dajjal, Firaun, Haman, Namruz, adalah nama-nama yang diabadikan Allah dalam Al-Quran sebagai ahli berfikir yang menentang kebenaran. Dan penghargaan Allah atas mereka ialah: dajjal diberi umur sampai datangnya kiamat, Firaun jasadnya diabadikan di dunia, karya Haman ada hingga saat ini. Dalam keyakinan akidah Islam, mereka akan dimasukkan ke neraka setelah datangnya hari akhirat. Dalam keyakinan filsaat matrealisme: mereka adalah tokoh utama.


Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: