Filsafat Berfikir

LANGKAH HIDUP TERHORMAT | Mei 7, 2010

LANGKAH HIDUP TERHORMAT
Oleh: ADING NASHRULLOH
HIDUP
Hidup manusia diciptakan, diatur, dan dijaga oleh Allah Swt. Manusia tidak mempunyai kekuatan untuk menghidupkan diri sendiri. Kehidupan ini sepenuhnya merupakan suatu bukti adanya Allah Swt. Dalam hal ini pantas jika manusia punya kewajiban untuk beribadah kepada Allah Swt. Disamping itu, manusia bergantung kepada lingkungan alam dan masyarakatnya. Manusia bisa tumbuh dan berkembang karena ia berada di dalam lingkungan alam dan masyarakat sosialnya. Lingkungan alam memberikan seumpama makanan, pakaian dan tempat tinggal. Sedangkan masyarakat sosial memberikan seumpama aturan moral, adat, agama dan hukum. Maka wajar jika manusia harus bersikap taat aturan. Intinya manusia harus menjadi khalifah di muka bumi dalam hubungannya dengan alam dan sesamanya.

MAKNA TERHORMAT
Hal lain yang tak terpisah dari kenyataan hidup manusia adalah manusia memiliki suatu dorongan tubuh, jiwa, emosional, dan spiritual. Semuanya menuju kepada satu arah yaitu kehormatan. Termasuk dalam kehormatan itu adalah kekayaan, kekuasaan, kekuatan, kecantikan, kewibawaan, ketenaran, keharuman nama. Maka manusia bisa hidup karena adanya motivasi atau ambisi yang sedemikian rupa itu. Dalam pandangan Islam, manusia akan sampai pada derajat terhormat apabila ia mengarahkan semua komponen kehormatan itu tadi kepada suatu tujuan yang paralel dengan tugasnya sebagai abdi dan khalifah. Seseorang dikatakan terhormat apabila ia mengarahkan kekayaan, kekuasaan, kekuatan, kecantikan, kewibawaan, ketenarannya seiring dengan upaya mengabdi kepada Allah dan menjadi khalifah.

FENOMENA MASA KINI
Kebanyakan manusia melepaskan ikatan ibadah dan khalifah ini dari kehormatan yang ia miliki. Sesungguhnya perbuatan semacam ini sama artinya dengan kufur nikmat. Akibat dari kufur nikmat ialah ketiadaan berkah. Begitupun ketika manusia memiliki kekayaan, kesehatan, kekuatan, kekuasaan, dan lain sebagainya, kemudian mereka tidak mengabdi kepada Allah dan melaksanakan kewajiban kekhalifahannya semua kehormatan itu tidak membuat mereka terhormat. Akhirnya dunia dan lahir mereka kaya, tetapi akhirat dan batin mereka sengsara.

LANGKAH HIDUP TERHORMAT
Sesungguhnya manusia bila tidak beribadah dan melaksanakan tugas kekhalifahannya maka manusia telah meruntuhkan kehidupannya sendiri. Maka jangan heran hidup mereka menjadi gersang dan kehilangan makna dari setiap perjalanan kehidupannya di muka bumi. Jika ingin hidup terhormat maka beribadahlah dengan sungguh-sungguh dan tunaikan kewajiban khalifah, selalu mencegah terjadinya kerusakan di muka bumi. Jangan biarkan kehancuran terus melanda alam dan manusia. Berbuatlah walaupun kecil untuk memajukan kehidupan manusia agar lebih sejahtera dan taat kepada Tuhannya. Ingat, Kita semua telah diberikan tiga modal penting: agama, akal dan alam. Ketiga-tiganya adalah alat untuk mencapai kemuliaan dan kehormatan di sisi Allah Swt. Jangan sia-siakan umur kita, kekuatan kita dan agama kita ini. Semua apabila disia-siakan alangkah malangnya hidup kita di dunia ini dan akhirat kelak.

Cisarua, 6 Mei 2010


Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: