Filsafat Berfikir

MENGIKUTI DINUL ISLAM | Mei 7, 2010

MENGIKUTI DINUL ISLAM
Oleh: ADING NASHRULLOH

AGAMA
Agama adalah tuntunan yang menyangkut segala urusan hidup. Agama adalah sandaran perlaku dan penataan pergaulan. Kepribadian seseorang atau suatu bangsa tergantung kepada agama dan sikap keagamaannya. Sikap keagaamaan adalah kadar kesanggupan manusia dalam menjalankan suatu agama. Agama bisa sama, tetapi sikap keagamaan bisa berbeda. Karena keagamaan tergantung kepada ilmu dan batas-batas kemampuan dan kemauan orang yang bersangkutan.

ISLAM
Islam adalah agama yang diturunkan Allah Swt kepada umat manusia yang diwahyukan kepada para Nabi. Syariat yang berlaku hingga datangnya hari kiamat dari Islam ini adalah syariatnya Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah penutup para Nabi yang diutusNya. Pandangan Islam terhadap Islam adalah bahwa agama ini merupakan agama yang diridoi Allah Swt. Orang-orang yang mengikutinya akan selamat di dunia dan akhirat; orang-orang yang mencari agama selain Islam akan ditolak amalan baiknya. Masa depannya di akhirat signet suram.

MENGIKUTI DINUL ISLAM
Mengikuti Islam pada dasarnya adalah kewajiban segenap manusia. sebab seluruh manusia diciptakan Allah, dan Allah hanya menurunkan Islam bagi manusia sebagai agamanya. Kaum Muslimin memiliki kewajiban yang lebih besar lagi terhadap agama ini. Mengikuti Islam artinya adalah mengimani Islam, berilmu tentang Islam, taat kepada syariat Islam, mengajarkan Islam kepada generasi selanjutnya, mendakwahkan Islam kepada umat non muslim, dan mempetahankan akidah Islam dari kemusnahannya dan dari fitnah yang datang dari musuh.

HIKMAH
Mengikuti Islam adalah jalan menuju kebahagiaan. Islam merupakan agama yang benar di sisi Allah Swt. Sedangkan Allah adalah pencipta manusia. Tidak ada zat yang patut disembah manusia kecuali Dia. Sehingga tersesat jauhlan orang-orang yang mengingkari Islam. Dan bahagaialah orang-orang yang senantiasa sibuk dalam mengikuti Islam. Orang yang mengikuti Islam agar amalannya diterima di sisi Allah Swt ada tiga yaitu: niat yang ikhlas, ilmu yang sesuai sunnah dan jasad yang halal. Celakalah orang yang jauh dari Islam dan orang-orang yang beramal Islam namun tidak memenuhi persyaratan tersebut.

TAFAKUR
Jika Islam adalah tuntunan yang benar dari Islam, seharusnya Umat Islam adalah umat yang paling mulia di muka bumi. Apakah arti kemuliaan? Kemuliaan itu bisa ditinjau secara rohaniah ataupun secara spiritual. Islam mencakup kedua kemuliaan itu. Saat ini umat Islam berada dalam garis kehinaan. Sungguh jumlah yang besar tidak membuat musuh gentar. Islam adalah agama yang besar dan sempurna. Sikap keagamaan umat Islam rupanya belum sebesar ketinggian Islam. Semoga kita semua bisa menginstropeksi diri sendiri. Agar mau belajar lagi lebih serius tentang agama ini. Dan tentu saja lebih serius lagi dalam menata kehidupan kita berdasarkan syariat Islam.

Cisarua, Bandung Barat 4 Mei 2010


Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: