Filsafat Berfikir

KANDUNGAN HIKMAH DAN KEBIJAKSANAAN SURAT LUQMAN | Agustus 17, 2010

Disusun oleh: Ading Nashrulloh Adz

A. TENTANG KEKUASAAN ALLAH SWT

1. Dia menciptakan langit tanpa tiang sebagaimana kamu melihatnya, (31:10).
2. Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi agar ia (bumi) tidak menggoyangkan kamu; (31:10).
3. Memperbiakkan segala macam jenis makhluk bergerak yang bernyawa di bumi. (31:10).
4. Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. (31:10).
5. Sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah. (31:30)
6. Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia menundukkan matahari dan bulan, masing-msing beredar sampai kepada waktu yang telah ditentukan. (31:29)
7. Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus. (31:31)
8. Milik Allah lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. (31:26)
9. Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan lautan (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi) setelah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat-kalimat Allah. (31:27)
10. Dia mengetahui apa yang ada dalam rahim. (31:34).
11. Sesungguhnya Allah, Dialah Tuhan yang sebenarnya dan apa saja yang mereka seru selain Allah adaah batil. Dan sesungguhnya Allah, Dialah yang Maha Tinggi, Maha Besar. (31:30)
12. Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari kiamat (31:34).
13. Menciptakan dan membangkitkan kamu (bagi Allah) hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja (mudah). Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, maha melihat (31:28) Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati. (31:23).
14. Kemudian hanya kepadaKu tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (31:15).
15. Kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam azab yang keras (31:24)

B. TENTANG KANDUNGAN HIKMAH

1. Sungguh jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya (balasan), sesungguhnya Allah maha Halus, Maha Teliti. (31:16)
2. Sungguh janji Allah pasti benar, maka janganlah sekali-kali kamu terpedaya oleh kehidupan dunia, dan jangan sampai kamu terpedaya oleh penipu dalam (menaati) Allah. (31:33)
3. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu. (31:14)
4. Sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. (31:18)
5. Dan barang siapa berserah diri kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan (muhsinin) maka sesungguhnya dia telah berpegang kepada tali (buhul) yang kokoh. Hanya kepada Allah kesudahan segala urusan.
6. Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (31:15). Sungguh Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan. (31:29).
7. ikutilah jalan orang-orang yang kembali kepadaKu.
8. Dan diantara manusia (ada) orang yang mempergunakan percakapan kosong untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa ilmu dan menjadikan olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan (31:6).
9. Apakah mereka (akan mengikuti nenek moyang mereka) walau pun sebenarnya setan menyeru mereka ke dalam azab api yang menyala-nyala (neraka)?
10. Maka janganlah sekali-kali kamu terpedaya oleh kehidupan dunia, dan jangan sampai kamu terpedaya oleh penipu dalam (menaati) Allah. (31:33)
11. Adapun yang mengingkari ayat-ayat Kami hanyalah pengkhianat yang kufur. (31:31) Sebenarnya orang-orang yang zhalim itu berada dalam kesesatan yang nyata. (31:11).
12. Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara adalah suara keledai. (31:19)
13. Wahai manusia bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutlah pada hari yang (ketika itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya, dan seorang anak tidak dapat menolong bapaknya sedikit pun. (31:33)
14. bersyukurlah kepda Allah dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri. (31:12).
15. Dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhya Allah Maha Kaya dan Maha Terpuji. (31:12).
16. Dan ingatlah ketika luqman berkata kepada anaknya ketika dia memberikan pelajaran kepadanya, “wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezhaliman yang besar.” (31:13)
17. Wahai anakku laksanakanlah shalat dan suruhlan manusia berbuat yang makruf dan cegahlah mereka dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting (A’zmil Umuur) (31:17)
18. Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. (31:18)

C. PEMBAHASAN GLOBAL

1. Tentang Kekuasaan Allah Swt
Sesungguhnya Allah, Dialah Tuhan yang sebenarnya dan apa saja yang mereka seru selain Allah adaah batil. Dan sesungguhnya Allah, Dialah yang Maha Tinggi, Maha Besar. (31:30).
a. Kekuasaan Allah yang berkaitan dengan KaruniaNya
Dia menciptakan langit tanpa tiang sebagaimana kamu melihatnya, (31:10). Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi agar ia (bumi) tidak menggoyangkan kamu; (31:10). Memperbiakkan segala macam jenis makhluk bergerak yang bernyawa di bumi. (31:10). Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. (31:10).
Sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah. (31:30). Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia menundukkan matahari dan bulan, masing-msing beredar sampai kepada waktu yang telah ditentukan. (31:29). Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus. (31:31). Milik Allah lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. (31:26)

b. Ilmu Allah SWT
Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan lautan (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi) setelah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat-kalimat Allah. (31:27). Dia mengetahui apa yang ada dalam rahim. (31:34). Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari kiamat (31:34).

c. Kekuasaan Allah SWT yang berkaitan dengan hari Akhirat
Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari kiamat (31:34). Menciptakan dan membangkitkan kamu (bagi Allah) hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja (mudah). Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, maha melihat (31:28) Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati. (31:23).
Kemudian hanya kepadaKu tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (31:15). Kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam azab yang keras (31:24)

2. Tentang Hikmah

a. Tentang Catatan Balasan Amal Perbuatan
Sungguh jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya (balasan), sesungguhnya Allah maha Halus, Maha Teliti. (31:16). Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (31:15). Sungguh Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan. (31:29). Sungguh janji Allah pasti benar, maka janganlah sekali-kali kamu terpedaya oleh kehidupan dunia, dan jangan sampai kamu terpedaya oleh penipu dalam (menaati) Allah. (31:33).

b. Epistemologi Perbuatan yang baik
Dan barang siapa berserah diri kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan (muhsinin) maka sesungguhnya dia telah berpegang kepada tali (buhul) yang kokoh.
Ikutilah jalan orang-orang yang kembali kepadaKu.

c. Epistemologi Perbuatan yang buruk
Dan diantara manusia (ada) orang yang mempergunakan percakapan kosong untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa ilmu dan menjadikan olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan. (31:6).
Apakah mereka (akan mengikuti nenek moyang mereka) walau pun sebenarnya setan menyeru mereka ke dalam azab api yang menyala-nyala (neraka)?
Adapun yang mengingkari ayat-ayat Kami hanyalah pengkhianat yang kufur. (31:31)
Sebenarnya orang-orang yang zhalim itu berada dalam kesesatan yang nyata. (31:11).

d. Perbuatan yang Baik
Bersyukurlah kepda Allah dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri. (31:12). Dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhya Allah Maha Kaya dan Maha Terpuji. (31:12).
Bersyukurlah kepadaKu dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu. (31:14). Laksanakanlah shalat dan suruhlan manusia berbuat yang makruf dan cegahlah mereka dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting (A’zmil Umuur) (31:17). Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu.(31:19). Wahai manusia bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutlah pada hari yang (ketika itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya, dan seorang anak tidak dapat menolong bapaknya sedikit pun. (31:33).

e. Perbuatan yang Buruk
Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezhaliman yang besar.” (31:13). Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. (31:18). Sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. (31:18).


Ditulis dalam Uncategorized

3 Komentar »

  1. terima kasih atas penjelasannya.. mudah2an dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT.. amin

    Komentar oleh shaza — Februari 9, 2012 @ 2:58 pm

  2. Jazakumullah khoiron katsiron

    Komentar oleh ALy Nugroho (@Crash_MIKLA) — Juni 10, 2013 @ 10:45 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: